Monday, August 30, 2010

Lagu Religi Terbaik

Lagu religi sudah menjadi seperti barang wajib pada bulan suci. Setiap tahun minimal satu album religi baru terbit. Sampai sekarang sudah banyak sekali album-album religi yang sudah terbit di pasaran Indonesia, mulai dari grup lawas Bimbo, grup nasyid, sampai band beraliran rock. Nah, dari sekian banyak lagu religi kami mau mereview 3 lagu religi terbaik menurut kami yang pernah terbit di Indonesia, dan 1 lagu religi terbaik tahun ini.

3. Tombo Ati – Opick

...yee iyee iyee iye ee e eee wowowee oo ee iyeyeyeye obat hati... Manusia mana sih yang ga tau lagu ini? “Tombo Ati” adalah bagian dari album solo pertama dari Aunur Rofiq Lil Firdaus atau Opick yang berjudul “Istighfar” pada tahun 2005. Lagu ini berhasil membuat album tersebut mendapatkan double platinum hanya dalam kurun waktu satu bulan! Wow. Tombo Ati yang merupakan bahasa jawa mempunyai arti obat hati. Seperti judulnya, lagu ini memberitahu kita “obat-obat” untuk menyembuhkan hati kita yang sakit. Syair lagu ini sendiri katanya adalah ciptaan Sunan Bonang, salah satu dari Walisongo.

2. I’tiraf – Raihan


Lirik dari lagu ini sangat dalam dan bagus, sampai-sampai lagu yang berisi sama pernah dimainkan oleh Haddad Alwi, Haddad Alwi, Ust. Jefri dan Gigi dengan versi mereka masing-masing tentunya. Lirik lagu ini diambil dari doa seorang Abu Nawas, ya, Abu Nawas yang terkenal dengan kekonyolannya. Doa tersebut ia ucapkan saat sedang merenung memandangi matahari petang, lalu saat matahari itu tenggelam, ia pun meneteskan air mata. Abu Nawas yang saat itu sudah tua sadar bahwa tidak ada yang abadi, manusia juga akan seperti matahari itu, ada saatnya ia tenggelam. Raihan sendiri sudah banyak mengeluarkan lagu-lagu yang berkualitas seperti Demi Masa yang albumnya sukses meraih double platinum. Raihan pun pernah diberi penghargaan oleh Ratu Elizabeth II saat konser di Inggris.

1. Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya – Bimbo

Lagu yang muncul pada era 70an ini masih eksis di telinga masyarakat Indonesia hingga sekarang. Lagu ini diciptakan oleh Sam Bimbo dan lirik oleh penyair hebat Taufiq Ismail. Tak heran jika lagu ini disebut-sebut sebagai lagu religi sepanjang masa. Liriknya yang unik dan dinyanyikan secara apik membuat lagu ini akrab ditelinga berbagai lapisan masyarakat. Lebih lagi, Bimbo bukanlah seperti grup musik jaman sekarang yang mendadak religius kalau bulan Ramadhan. Bimbo selalu memasukkan lirik yang dalam dan mencontohkan kereligiusannya dalam kehidupan nyatanya. Selain lagu ini masih banyak lagu-lagu Bimbo yang patut didengar dan masih eksis hingga sekarang, contohnya adalah “Rindu Kami Padamu”, “Tuhan”, “Sajadah Panjang”, dan masih banyak lagi.

Lagu religi terbaik tahun ini:

1. Amnesia – Gigi

Lagu ini merupakan satu dari 15 lagu dalam album religi yang dikeluarkan Gigi Ramadhan kali ini yang bernama Amnesia. Lagu ini juga hasil kerjasama dengan seorang artis sekaligus produser film papan atas, Deddy Mizwar. Lagu berirama rock yang menjadi ciri khas Gigi ini tidak hanya menyuguhkan irama yang asik namun liriknya pun dibuat sangat bermakna.
Lirik lagu amnesia ini sepertinya diambil dari salah satu hadits nabi :


بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا
Artinya: (Rasulullah bersabda), “Bersegeralah kalian mengerjakan amal-amal shalih sebelum terjadi fitnah (bencana) yang menyerupai kepingan-kepingan malam yang gelap gulita, yaitu seseorang diwaktu pagi beriman tapi pada waktu sore ia telah kafir, atau pada waktu sore ia beriman dan pada pagi harinya ia telah kafir, ia rela menjual agamanya dengan secuil keuntungan dunia.” (Shahih Muslim)


Hadits ini menyentil kita-kita yang suka berbuat maksiat padahal telah beribadah, istilahnya STMJ (sholat terus maksiat jalan). Segitu saja review dari kami kali ini, kalau ada pendapat atau apapun feel free untuk meninggalkan komentar dibawah ini. Apapun lagunya, yang penting semoga ibadah kita di bulan Ramadhan ini meningkat dan membawa berkah. Amin. (LA)

0 comments:

Post a Comment